12/20/2007

struggling...

"Apaaaa?? semesterannya dua kali?? kok bisa? ngapain,sih, nambah beban aja!!"

"iya, karena sekolah kita BERTARAF internasional, kurikulum yang dipake pemkot tuh ga' sesuai.jadi sekolah ngadain ujian sendiri, yang minggu ini soalnya bikin sendiri, yang minggu depan,, pake soal2 dari pemkot"

wuih.. dua macem soal, dua kurikulum, dua kali ngerjain, dua kali bingung, dua kali stress.. semuanya nambah kecuali masalah volume otak. iya,kasian deh saya, udah tau soalnya berlipat2 gitu, volum otak kok ga' ikutan berkembang,ya? tetep segini2 aja..panjang kali lebar kayaknya ga' mengikuti perkembangan jaman,nih.. yah, tapi mau ga' mau, bisa ga' bisa, tetep harus ikut. orang udah kelas 3, udah tua, ga' lucu kan kalo UAN H-4 bulan aku dikeluarin dari sekolah gara2 nge-demo kepSek?!

ok! mulai hari rabu dec,13rd 2007. sore ini les di GO, belajar biologi ma matematik.. hua.. sumpeknya..mati lampu lagi.struggled!akhirnya aku pulang jam4 sore. balik ke sekolah buat ambil motor. ya ampuuuuun.. itu bapak2 supir taxi pada demo di balai kota! ya terang aja aku panik, orang pintu masuk ke sekolahku ikutan diblokir!(iya, sekolahku tepat didepan kantor walikota!)untung aja, ada guru yang blum pulang,, pintu belakang dibuka, dan.. horre!! succesfully i went home!


besoknya.. yah,not good but not the worst.paling ngga' dari 90 soal yang dikasih aku bisa ngerjain 60% lah..iya, bisa ngerjain..ga'tau bener pa engga'..ga' tau kenapa aku seneng..abis seminggu sebelum exam aku bjuang buat belajar ngejawab soal hereditas yang kayak gini nih:"carilah berapa jumlah anak ayam buta warna yang dihasilkan dari ibu ayam berbulu belang2 homozigot berbadan bulat berjengger kuning dikawinkan dengan bapak ayam tidak berbulu, berbadan gepeng, berkepala botak heterozigot..."gimana ga' seneng...aku bisa ngerjain soal2 yang bagian itu..yah,aku jadi ga' bisa ngerjain soal yang bab2 lain,sh,,ga' papa lah,abis aku sebel banget,tuh..guruku ngadain ulangan yang soalnya "suruh nyari warna bulu anak tikus"dan aku ga' bisa ngerjain...hhaha,jadi kemarin puas...
oke, pulang sekolah, dengan kepala berdenyut abis nyari warna bulu anak ayam yang ajaib itu, aku pergi ke lia buat ikut promotion test.I was really serious on doing it, because it's d'final exam.. kalo ga' mau bayar 550ribu lagi di term depan, aku haru lulus dibagian ini..hh..sebel juga,abis ga' bisa ngerjain..ga'tau tuh padahal udah les 2tahun..yah, emang aku yang low standart kali,yee? yah, whatever, yang jelas pulang dari pi-ti aku pusing berat.jadilah aku langsung tidur,,maksudnya, ntar mo bangun jam 10malem trus belajar fisika+olah raga buat exam besok paginya..eh, takdir..kata ibuku, waktu dibangunin malem2, aku marah2..udah gitu badannya panas..ibuku yang bingung sendiri liat aku teler decided ga'jadi bangunin aku dan malah nepuk2 badanku,, finally..aku tidur lagi.. paginya...HUAAAAA!!!!

4.30!!!hua!!!! fisika..aduh2,,mana dari kemarin nilai fisikanya seret lagi..babnya banyak lagi..aduh, udah ga' mikirin olah raga,lah..hua!!!ni panjang gelombang,cahaya, hitung jumlah abang bakso yang mukulin kentongan kalo suara yang dihasilkan berfrekuensi 600Hz??hiyya!! ni rumus apa lagi...Huah, jadilah, aku bener2 memanfaatkan setengah jam yang aku punya buat masukin as many as rumus ke dalem kepalaku..sempat kepikir"kukunyah2 saja buku fisikanya.."tapi, ga' ah..kayaknya kurang lezat..jam 6.00 aku berangkat.jam pertama olah raga, sudah pasti..aku ga' bisa berkutik. mo nyontek ga' bisa, mo ga' dikerjain ntar kalo harus remidial sendirian kok serem..yah, akhirnya kupakai jurus terakhir...hiyya!!"mengarang indah"kukeluarkan semua kata2 indah untuk memenuhi lembar jawab essayku..oke, jam kedua..ini lebih parah.mo ngerjain ga'mampu, mo ngarang ga' bisa orang isinya ngitung2 smua..jadilah, 3/4jam terakhir aku bengong, dan ga' tau mo ngapain.. putu asa berat..dan pulang sekolah?butuh waktu hampir1/2 jam buat bisa pulang gara2 aku lupa markir motor dimana..huh!

berbekal pengalaman buruk, aku tidur siang dan semangat45 belajar kimia buat ujian besoknya..belajar bahasa jawa juga.. tu kan.. hebat..walaupun sangat memungkinkan menggunakan jurus mengarang indah, aku tetep mo belajar buat bahasa jawa..hasilnya? yah..tetep aja sih ga' lancar ngerjainnya..abis aku bener2 ga' ngerti gimana cara ngerjain soal2 radio aktif. ada juga soal suruh nyebutin ciri2 fosfor merah putih..tenang aja, soal yg ini ga' sampe bikin aku putus asa,kok..berhubung otak writingku lagi connect, aku tulis,deh.."fofor putih:menyala dalam terang, bisa diiris2, lunak.fosfor merah:ga' bisa dipotong, ga' bisa menyala, ga'lunak"yah,, finish..



besoknya hari minggu...libur,, hua, mo belajar2!! belajar2!! fisika, kimia, gedubrak,gedubrak.."adeeeek..ni kerdus snack-nya diangkatin,dong...abis ini sotonya,yah.."yaw.. ada arisan ibu2 PKK di rumah, dan otomatis,harus ada intermezo naburin bawang goreng ke mangkuk2 di sela2 ngitung panjang gelombang.. ga' papa,lah..nyatanya, waktu ngerjain fisika+bahasa Indonesia besok seninnya..jauuuh lebih lancar..oooh..emang surga di telapak kaki ibu,hehe..

Besoknya, Matematika+kimia..gara2 kali ini ulangan kimianya ga' pake soal2 radioaktif, ngerjainnya ga' pake mengarang indah lagi,deh..sorenya, ada presentasi LIA.. iya, critanya oral test.ini nih, yang bikin belajarku seminggu kemarin kacau berat.. bayang2 ga' lulus, dapet kelas baru yang ga' enak, plus embel2 bayar 550rb lagi bikin aku lebih banyak nyiapin presentasi lia daripada belajar buat semesteran.huhu, ternyata nih, ya..presentasinya cuma gitu!huhu, g' seru... yah, tapi masih bersyukur, walaupun ga' seru yang penting lancar..

besoknya...lagi2 biologi..tapi kali ini ma bahasa inggris..kalo hari ini rada2 tenang ngerjainnya, abis tadi malem udah belajar.. kan udh selesai ujian2 LIA-nya, jadi bisa fokus ke sekolah..lagipula, ini exam terakhir sebelum libur seminggu, jadi Tancap Gas!!belajar sampe malem,, hh, lumayan,lah, ga' sampe keringetan ngerjainnya..

Abis libur seminggu ini masih ada soal2 agama, sejarah, TI, PKn, dan aplikasi matematika.. sabar menungguku belajar seminggu ini..(amin..moga2 seminggu ini bisa bener2 belajar..)


Yang jelas, Seminggukemarin ngasih pelajaran buatku. Aku ngerasain gimana rasanya Ga'bisa ngerjain soal gara2 ga' belajar dan ga' bisa ngerjain soal karena emang soalnya yang susah..sama2 ga' bisa, tapi beda tuh, rasanya..yang jelas, kalo udah berjuang buat belajar, whatever the results are, ga' ada tuh yang namanya linglung setengah jam nyari motor-lupa parkir dimana..bener banget kata2 Mrs.Nana di www.serbaserbikehidupan.blogspot.com,intinya..

Life is still a mystery, so the most important thing is just keeping for struggling

Tidak ada komentar: