10/20/2008

jangan sok bikin hipotesa deh

“ Gimana nus, jadi nih kita wawancara bule?”

“Jadilah.. udah gua sms si shima.. Rin, dia mo ngajakin temennya.. gimana nih?”

“Eh,eh, nus, shima yang india itu kan? Ngajak temen? Ok,ok, 1-2 orang, ga papa lah.. biar rada rame.”

“em,, tapi,rin.. shima… mo ngajak 4..sampee… 6 orang”

“o, gitu..
ETTteeEEehh.. berapa tadi nus? 6?? 6?? HAAaahhhHH???”

Ini wawancara perdana ku sebagai calon kru boulevard–buletin kampus-, dan kau tau, siapa narasumber yang harus kuhadapi? Namanya shima. Sapa yang tau Shima itu siapa? Yang jelas bukan saya. Mana kutau, shima itu apa, siapa, bentuknya gimana.. satu2nya info tentang dia, kata yunus –sesama teman yang dapet tugas- shima itu orang india. …India! Dan berapa orang yang mo dia ajak?

6. 6!! 6!!!

–buat yang udah ahli sih, orang segitu cetek kali ya.. tapi ini kan.. aku.. first moment,huhu..

Maaf ya, bukan aku mo rasis nih, tapi ngebayangin dikepung 6 buah kepala yang senantiasa bergoyang2 saat bicara, terus terang aja, bikin aku rada gimana… gitu. Keinget ga, india yang sering nongol di tivi2 itu, kalo ngomong gimana? Ada gesture tertentu,kan? Belom lagi keingetan bahasa inggris yang belepotan ini. Ngomong ma orang Indonesia aja suka tiba2 ngehang sendiri gara2 lupa vocab. Ntar BT nungguin aku ngehang, mereka goyang2 kepala lagi. Hm, gimana tuh, haruskah aku ngakak?? Ga mungkin lah, ya.. yang ada aku semakin blebep.. blebebb.. atau tulalitt… tettt – ala telkomnet instant, huaaa…

Sebenernya target utama kita mahasiswa asing di itb. Ga spesifik gitu, intinya sih cari mahasiswa bule, Tapi ga bisa dipungkiri, india itu dimana2.. di indosiar, di sctv, sampe di itb. Jadilah, berburu bule eropa, yang kudapat india juga. Jadi keinget cerita si Kakak yang ketemu orang india lagi ngamuk2 ma supir angkot gara2 si abang supir ga bisa ngomong inggris. Na,lo… ntar kalo mereka ngomong inggris pake aksen achaa.achaa.. aku ga ngeh apa maksudnya, trus mereka jadi sebel, gimana.. Fiewhh, semaleman itu aku bolak balik kamar mandi berapa kali,ya.. -mencret- . aduuhh.. ga ada ya, buku “tips jitu menghadapi india yang tiba2 ngamuk”… ???

setelah ngelewatin malam penuh kunjungan ke WC itu, besoknya, jadi juga wawancara shima plus temen2nya.

Begitu ketemu??
“Olalaaaa… 1, 2, 3, 4… 4 orang- eh, mana indianya???” ^upss..

“Índia? Kami dari malay”, si shima santai aja ngejawab dengan senyum ngembang.

loh, ko dia bisa bahasa Indonesia? Lohh,lohh,lohh..

Pelajaran pertama buatku, jadi wartawan jangan kebanyakan hipotesa. Pa lagi hipotesa tentang : seberapa-seremnya-dikelilingi-6-kepala-suka-goyang-goyang-. Yang ada cuma mencret dan mules tak berguna.

oo..gitu.. jadi, casing’nya india, tapi inside’nya...wuu..namanya juga Malaysia, intinya Indonesia banget lah ya.. cara ngomongnya juga biasa, kaya’ kita. Yang jelas ga ada acara goyang2 kepala,hehe. Tentu saja, Jadinya kita pake bahasa Indonesia walopun kadang ada beberapa kata yang harus pake vocab inggris. mereka excited banget nyeritain gimana kehidupan minoritas di kampus (lahh.. minoritas.. jahat banget bahasanya,wkwkwk). mulai dari tatapan-rada-berlebihan dari mahasiswa lain sampe tarif angkot yang tiba2 mahal.. wuu.. mereka menyenangkan! Ga malu2 ngebongkar gimana senengnya belanja di pasar baru gara2 harga yang super miring itu. Trus ngomongin dosen juga, hihihi.. lancar, meriah, ketawa2.. sayang lupa foto bareng. Huhu..

Dan… wawancara’nya berjalan baik2 saja.. jadi, ngapain sih, pake mencret2?? Huhhh!!!!

10 komentar:

Suprih and Isti mengatakan...

Klo aku hipotesa yang pasti2 aja.

Klo yang belum pasti kayak begini wah jadi buang- buang waktu untuk persiapan dong.

ipanks mengatakan...

he?wah brati si adek ga pede nih klo baca dari postingnya.kan udah diajarin gimana caranya utk pede dek :P

Rian Adhivira mengatakan...

lho rin, kemaren perasaan ada potomu lagi nyiram taman...sekarang kemana ya??

Andri mengatakan...

Acha..Acha..Kalo mencret tempatnya bukan disini..Acha..Kalo mencret tempatnya di WC sono..Acha..Pantesan aku mampir sini kok bau..Acha..Acha..

(sambil goyang kepala ke kanan dan ke kiri sampai pegel2)

fr3zh BLOG mengatakan...

Sampe mencret² segala, kwkwkwk...

ezZa mengatakan...

hipotesa harus yg pasti...

bener gak...?

klo gak bener ya salah...

hehehehehe...

aphied mengatakan...

wekekekekek,,,
ono sing koyo sha rung `an ra rin?
opo amitabacan ngono?

lha pie/donlot lwt blog ku wae ra wis..ftne ms kuwi ok e tho?
aseline ak duwe sing luwih close up, tp drpd menimbulkan kegemparan yg tidak2, ya kuwi wae sing taposting.wkwkwkwkwk

kaka mengatakan...

Santae...santei...jaangan es-moh-sih de!!!

monn mengatakan...

walah dor..dor..
kw kan pinter ngomong bahasa india?pie to?kok rak mbokceritakke nek kw wes kursus bahasa india 6 bulan?nggenah njaluk diajari nganggo sari hlo ya..(wakaka,,mbayangke kw nganggo sari,,geli aku...)

heh,,bahasa malaysia ki yo podo mbek bahasa indonesia,,ngerti wong malaysia iso ngomong indonesia owk kaget,,pie to dor..dor..kw ng bandung kok ndadi error ngono to??kakean sinau kalkulus kui..hahaha....

Roronoa Zoro mengatakan...

yahp..klo hipotesa yg pasti2 aja..
sayang waktu bu..^^
articles
my blog