10/02/2008

ngelamun

Lebaran punya cerita. Sebulan penuh nahan dahaga, terbayar sudah. Euphoria di penghujung Ramadhan selalu bikin aku rindu membuka lembar demi lembar kisahnya.

Ini malam terakhir di bulan ramadhan. Insya Allah, besok pagi solat Ied. Alhamdulillah, sebulan kemaren puasa pertama sebagai anak rantau, lancar. Seperti biasa, di ujung bulan ramadhan, keluarga besar ngumpul. Kalo dulu, rentetan ritual lebaran kujalani di boyolali. Lebaran ma keluarga dari Ayah. Karena ayah 8 b’sodara, tentu aja rame. Bayangin aja, 5 x 8, ditambah eyang. 41 orang ngumpul. Dan yang special, cara tidurnya itu loo… 41 orang ngejejer di ruang tengah, ga tua ga muda, semua pasang posisi ikan pindang siap goreng. Lurus, ga boleh sosdok2an..

Hhh.. itu 6 taun yang lalu. Abis eyang meninggal, keluarga bubar jalan,huhu…

hh.. ko tiba2 aku kangen lebaran di boyolali…

Gimana2 ga akan terulang. Lebaran penuh makanan masakan eyang… bistik daging segede2 gajah, salad sayur, roti santan, dan tentu aja… opor ayamnya,, hm..

Belum lagi perjuangan sebelum lebaran yang bikin ketawa itu. Menantu2 punya kewajiban nemenin eyang belanja di pasar klewer -pasar klewer, solo, tau ga??-. Eyang selalu milih bahan2 terbaik buat masakannya. Sesuatu yang jarang dilakuin ibu2 jaman sekarang ^ups... ya iya lah..kalo eyang sih, beli daging sapi ma daging ayam, tempatnya beda. Beda pasar. beli sosis harus di supermarket ini.. beli santan di pasar itu..

Tau kolang kaling ga? Itu lohh.. yang buat es campur. Mo bentuknya kecil2 gitu.. tetep, ga lolos dari sortiran eyang. Gimana cara eyang nyortir kolang kaling?? Hhmm… best ingredient for the best taste, itu kolang kaling dipencetin satu2. butir demi butir diperiksa, yang lolos seleksi dimasukin ke plastik. Sebutir, sebutir… dan buat 40 orang, berapa kolang kaling sih yang dibutuhin?? Hampir seember. Ngebayangin sumpeknya pasar klewer jaman dulu,, hh.. terbukti deh, ibuku,bude2, tante2.. semua menantu eyang itu… superwoman,huehehe…

Abis solat ied, kita makan opor hasil perjuangan menantu2 pilihan eyang,hehe. Abis itu?? the most wanted show ,wakakaka... apalagi kalo bukan Bagi2 duit,hihihi… ini nih,yang bikin aku kaya di masa balita. Pakde bude, om, tante, eyang juga ikutan, semua orang bagi2 duit.. hm, sodok2an, teriak2, pasang tampang melas, hm… gimana caranya sebanyak mungkin duit sawer masuk kantong,hehe. Senengnya, di antara sepupu yang bejibun itu, aku termasuk yang jagoan ngumpulin duit,hehe.. waahh.. itu... sekali lebaran saldo akhirnya bisa nyampe 700ribu,loo.. gimana ga jadi balita kaya coba..:D

Senang!!!.. lebaran itu... isinya senang2.. :D

taun ini sih lebaran di bandung,, alhamdulillah,masih ada embah dari ibu...cuma 5 b'saudara.. rada sepi sih.. tapi tetep aja..

lebaran itu isinya... senang2!!!


*Hm.. biar deh, sweet memori itu tersimpan dalam hati. Siap dibuka sewaktu2 aku rindu.





13 komentar:

aphied mengatakan...

pertamaax.....

hmmm,,,mosok segede iki ak yo isih entuk duit ik rin,,
walopun jumlahnya tlah menurun drstis..haha..^^

ezZa mengatakan...

KEDUAX...

maaf lahir batin juga ya rin...

lebaran emang harusnya berisi dengan kesenangan karna temu dgn kluarga...

tapi beda dgn lebaranku...

skarang hanya rasa sesal yg aku rasakan...

Artha mengatakan...

Selamat Lebaran...
terima kasih berkunjung dan komen di blog saya

Andri mengatakan...

Wow!700 ribu??Gila..Banyak bener rin..Lha aku dulu gak nyampe 100 ribu..hiks..

Nasib keluargamu di Boyolali sama persis dg keluargaku di Sukoharjo.Dulu,pas kakek nenekku masih hidup,semua anaknya ngumpul kira2 3 hari sebelum lebaran,dan itu ramai sekali..Setelah kakek dan nenek meninggal,anak2nya ngumpul paling cuman sehari,pas ada acara halal bihalal. :(

ode mengatakan...

wah indah nya masa kecil... jd ingat masa lalu, maen di pantae, gak pernah pake baju, rambut kuning, kulit item... he he he... btw slm kenal mbak

kaka mengatakan...

Minal Aidzin ya anak nakal,minal aidzin ya anak bawel,minal aidzin ya anak centil!!!

dugem mengatakan...

Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin yah,
rata2 emang seperti itu kalo orang yang di tuakan sudah ga ada suka jalan sendiri2 aku pun ngalamin.

Didiet mengatakan...

hayoo ririn dapat sangu berapa bagi2 dunk..minal aidzin ya rin

Masenchipz mengatakan...

he..he... emang si adek ini bisa ajah bhsx... masa kayak ikan pindang tdrx.. 700rebu.. he..he.. gw dah 4taon lalu gak dpt jatah niyyy.. malah ngasih... he..he.. gw dah ngsh ke adek blom ya? he..he... kayaknya blom dech....maap..maap...

betewe

TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM TAQABBAL YA KARIM..

MINAL AIDIN WAL FAIZIN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN YAAAA....

MULAI DARI NOL YA... HE..HE...

day... mengatakan...

pasar klewer solo? tauuuu......uu

aku mau ngucapin selamat idul fitri. nanti kalau lupa, apa kata dunia?


salam,
Hidayatullah

tika mengatakan...

dor...minal aidin ya..
maaph, suka ga jelaz, suka ga epektip, suka mas a***n ahahaha...

udah ga sabar pengen cepet2 ke stasiun ik, py kiyh, dor?!

d'owner mengatakan...

to aphied:
heh, ya iyalah.. gede2 ga punya duit, yo tetep to yaa..

to ezza:
hihihi,,, sabar zaa.. lebaran ko ngamuk2,hehe

to artha:
iya sama2.. itu thr dari saya(lohh)

to andri:
lahh,, ko senasib ndri :D

to ode:
lohh,, I see.. jadi intinya ode item kan? hihih.. ^ups..

to kaka:
iya kakak jelek,, dimaapin :D

to dugem:
iye, ini,, gimana..

to didiet:
udah abis dieet,, wkwkwk

to masenchipz:
iya,maapkan saya juga.. hiks
lahh,, berasa beli bensin,hehe

to day:
ayuk,ayuk, ke pasar klewer,hehe

to tika:
lah, malah proklamasi,
iyo,, aku ngerti perasaanmu nyet,wakakak


to all:
thank's udah mo baca... mohon maap lahir batin juga yaa :D

kaka | acepsilet mengatakan...

ADA YANG PUNYA KOREK API..or something...?