1/10/2010

kuatnya minta ampun

Siapa bilang produk local penyakitan? Siapa bilang orang Indonesia lemah? Siapa bilang rakyat kita ga tahan banting? Siapa,ha?? (loh, loh, sabar rin.. :D )

November rain, the story began.. (maksa,HAHAHA)

Ke sungai cikapundung, liat keadaan lingkungannya, wawancara warganya, tanya mereka sering sakit apa, trus analisis hubungan penyakit sama kondisi lingkungan. Well, itu tugas kuliahku. Okee.. dengan tampang sok-ahli-lingkungan, aku sama temen2 se-team ngedatengin sungai cikapundung.

Hm,, biasalah, sungai di jawa, gimana sih? Airnya keruh? ya. Banyak sampahnya? ya. Banyak nyamuknya?ya. Baunya masyaAllah? rada,hehe. Tapi, di pinggir sungainya kenapa banyak pipa?.. ah, ya udah sih, ntar tanya ke warganya..;D

Next,wawancara, mo tanya2 tentang MCK, masuklah aku ke sebuah rumah. Setelah babibu, akhirnya dapet juga korban, ibu2.. pertanyaan pertama, “bu jarak rumah ini ke sungai berapa meter ya?”, dengan geli si ibu nunjuk tembok di seberang ruang keluarga,tempat kita wawancara, “yah, si eNeng, itu kalo temboknya dijebol juga udah sungai bawahnya”. Lhoh,, trus kalo ibu mandi, buang air besar, dimana? Nanggepin pertanyaanku yang ini, bukannya ngejawab, si ibu narik aku keluar rumah.

“itu neng, liat bangunan kotak yang di pinggir sungai? Ya itu, warga disini kalo mo ngapa2in disitu.” O, jadi mereka pake WC umum.. WC umumnya deket sungai.. jangan2.. ah udah, tanya dulu aja. “o gitu.. kalo boleh tau, pipa2 yang banyak di pinggir sungai itu pipa apa ya bu, bukan pipa buangan kan?” makin geli denger tebakanku, si ibu ngejawab, “loh,emang itu pipa buangan. Jadi dari WC umum tadi, neng.. dialirin pake pipa2 itu,langsung ke.. sungai.” … trus ibu kalo nyuci baju dimana? “yah, di bawah situ (nunjuk ke sungai) pake air sungai, neng.”

……..

Hm.. sungainya kotor, WC Cuma ada 2 buat sekampung. Ga pake septic tank, itu2nya langsung ngegelundung ke sungai =). Jarak rumah ke sungai?sangat kurang dari sepuluh meter. Jarak sumber air dari sungai? orang airnya aja dari sungai, jarak apa sih?? :-w

Okai,Kata buku kesehatan lingkungan yang jadi primbonku waktu survey itu, kalo lingkungannya gitu, pasti warganya (pilih satu atau lebih penyakit,huahahaha) : diare, Dengue, dysentri,typhus, pest, keracunan, ascariasis, hepatitis, polio, filariasis, malaria, trachoma ( Pada ga ngerti yang barusan itu apa? Sama :D. Uts mata kuliah ini aku cuma dapet 60, HAHAHA). Trus ditulis lagi dibuku itu, kalo ga penyakit2 bgituan, liat ekonomi mereka yang rata2 pas2an yaa… yakin banget, pasti pada sakit stroke, jantung, atau depresi =D

……

Ngelanjutin wawancara,”Ibu, disini ada wabah penyakit yang sering terjadi ga?”. Yakin, cepat, mantab, si ibu nyamber,”ga ada tuh neng. Alhamdulillah, disini sehat2 aja.” He, ga ada yang sakit? Masa sih? Satu penyakit pun? ,aku coba ulang pertanyaan yang sama, jawabannya, “ ga ada neng. Paling juga flu,batuk, biasa. Itu juga jarang”.oh, mungkin kurang jelas pertanyaannya. Sekali lagi aku tanya,”diare2 gitu, ga ada ya bu, kalo penyakit2 jantung gitu bu? Stroke juga,ada ga bu?” dengan pelototan bernada -kalo lo kasih pertanyaan itu lagi gue usir,nih- si ibu ngejawab,” GA ADA NENG” .

Kita tanya ke 10 orang lain, jawabannya sama. Walopun lingkungannya bisa dibilang benar2 jauh dari standar puskesmas (apalagi WHO :D), faktanya emang penduduk disitu ga pada penyakitan. Looohhh.. ko ga ada wabah penyakit? Ih, ko ga kaya’ kata buku sihh??..

Hhh, jadi ini tuh… pengarang bukunya yang terlalu underestimate.. atau emang orang indonesia sebenarnya kuat2?? :-?

9 komentar:

Dwi Maihut mengatakan...

Busett... MCK dipake bwt sekampung, dibuang k sungai lg.. Ntar "kayu gelondongan" nya ngapung2 di sungai ga pa2 tuh ya sama gadis2 yg lg nyuci di sungai? ;D ntar pada teriak2 smua, aaaaaaaa!!!!!! :D
*lebay*

aphied mengatakan...

gyaaahahahaha. . . .
berbakat sekali kao nak.
besok2 survey k TPA yaaa.
hahaha. . .

Edo Belva mengatakan...

hahahaha...dengan itu membuktikan bahwa yang nulis buku itu belum pernah survey kaya mbak,,wkwkwk

yuni mengatakan...

bener....
kok kuat ya????

wah mbak survey langsung????
hahahhahah.............
keren....
mantabbbb.

ade uny mengatakan...

mbak survive bgt ya.....
salut aku....
semangat terus ya...

-salam kenal....

ijal mengatakan...

pernah denger ga cerita org jepang yang ampir mati karena diare gara jajan di pinggir jalan di indonesia, sementara org indon sendiri tiap hari makan n minum di pojok yang sama, sehat2 saja :-D

rian bowok mengatakan...

jadi pengen liat langsung kayk apa, haha jangan ding..ayo rin! semangat kuliah !!

apa kata si putri ? mengatakan...

hahhahhhaha. kayanya gamau di ekspos aneh" aja itu mah rin..
ak juga sama kok.. pas ditanya gimana bu ? ada yg sakit ? jawabannya ga ada.. hahahhaha

tapi mungkin juga kebal..
tapi..
*banyak hipotesis* hahaa

raie mengatakan...

hahahhaha, dikau bisa wawancara daku rin. sebagai mantan penghuni pinggir cikapundung juga. dan ga kena sakit apa2 kecuali sakit mata gara2 kebanyakan nonton di laptop. :p