11/26/2007

seribu rupiah

di suatu sore yang cerah, pas diriku ini lagi pusing berat karna berkutat dengan pr matematika bertema integral (cie,jadi berasa anak olimpiade math,nih) seorang ibu mengetok pintu rumahku. ga nyadar ada yang ngetok pintu, aku masih aja heboh ma "2x pangkat 3dikali sin2x cos3x deEx dan tetep stay cool duduk di kursi ruang tamu. Eh, siIbu ngetok lagi.. kali ini pake menjulurkan kepala sampe separuh leher melalui pintu masuk ke ruang tamuku (eh, coba tebak, sepanjang apakah kepala siIbu?)okey, posting kali ini bukan untuk membahas panjang kepala siIbu, tapi yang mo dibahas adalah..buat apa siIbu datang ke rumahku. ehm, be continued,ya..

liat kepala siIbu yang udah menjulur2 gitu, aku tersadar, dan dengan setengah kaget sambil miring2, aku jalan ke arah pintu dan menghampiri siIbu. "mo nawarin lauk,mbak.." "o, bentar,ya,bu.." setelah melihat siIbu dari dekat,aku tau kalo tujuannya datang ke rumah2ku sampe rela menjulur2kan kepala adalah untuk nawarin makanan..maksudnya jualan makanan,gitu. aku panggil,deh, ibuku. abis ibuku keluar, aku lnjutin,deh, tu soal selanjutnya.. "sin 2x cos4x. 5x pangkat6 deEx" (ehm, ni contoh soalnya hanya fiktif belaka, jadi kalo mo kepala anda tetap baik2 saja jangan coba dikerjain,yah..),, oke, sebagai anak yang baik, walaupun mata menghadap ke buku tulis, kuping tetep siaga,dong,,ya iya,lah.. kupingku SIap-Antar-jaGa ngedengerin dialog transaksi jual beli antar ibuku dengan ibu penjual di teras.nguping? lo harus,dong..kan aku ga' kenal ma ibu yang nawarin makanan, wajar,dong kalo aku waspada.. ntar kalo tau2 ibuku dimasukin ke karung, dibawa kabur, dan aku ga' tau gimana?! kan gawat.. (eh,ga' deng..hiperbol..emang pengen aja nguping ibu2 ngobrol,hehe)

yah.. Alhamdulillah, akhirnya siIbu emang tulus mo nawrin makanan..ternyata, putri dari siIbu tu muridnya ibuku.. jadi,deh, ngobrolnya nyambung.. ibuku tanya,"lo, bu, putrinya kok sering ga' masuk? kayaknya udah sebulan ini,y?" "iya,kemarin kena cacar sama batuk, sebulan g' sembuh2 itu,bu.." "o, tapi sekarang udah sembuhm,to?" "o, sudah, sebenernya dia sudh bisa sekolah. tapi saya ga' bisa ngasih sangu *uang jajan . bener bu, kemarin itu dirumah saya bener2 ga' ada uang. seribu aja buat nik angkot ga' ada. la, mau saya anterin ke jalan, biar saya cegatin mobil orang, anaknya g' mau. malah nangis, jadinya ya kemarin itu dia ga' sekolah lagi. abis gimana, bapaknya udah ga' kerja,jadi ya ini saya bikin2 masakan, dijual. ini saya mau nawarin pepes,bu"...

'zing... JLeeeePPp.. tau2 aja kayak ada sesuatu yang nusuk aku. entah jantung, paru2, hati, lambung, yang jelas dadaku sesek ngedengerin kata2 siIbu yang barusan.. huhu.. soal2 integral yang susah itu semakin ga' jelas aja gimana ngerjainnya. aku ga' konsen dan pikiranku melayang2...

Aku jadi bener2 sadar. betapa beruntungnya aku. uang sekolah lancar, bahkan buat pulang pergi ke sekolah tiap hari aku bisa bawa motor. huhu, jadi bener2 merasa bersalah, kemarin sering nuntut ini itu ke babeh ma ibu.sering buang2 duit buat beli barang2 yng g' terlalu perlu. makanya nih, aku mo berbagi cerita..biar g' cuma aku yang jadi sadar kalo..."seribu rupiah itu juga duit"..

5 komentar:

Adit mengatakan...

Ya lain kali hati2 ya? teruz jangan banyak bergadang nanti tambah pusying!

Nana mengatakan...

Ga nyangka mosok zaman gini uang seribu aja ga punya, buat berangkat ke sekolah. Btw, tuh anak sekolah dimana? or the question can also be read "Where does your Mom teach?"
Btw, emang ga punya sepeda untuk ngantar anaknya ke sekolah, daripada si anak bolos?
Ini dia cara berpikir seorang guru, yang selalu meletakkan pendidikan pada prioritas pertama. Cie ... LOL.
Btw, Ririn, of course you can use my blog as the sample for your presentation. That's an honor for me. Ok? :)
Ciao.

Anonim mengatakan...

I found this site using [url=http://google.com]google.com[/url] And i want to thank you for your work. You have done really very good site. Great work, great site! Thank you!

Sorry for offtopic

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonim mengatakan...

Happy Fresh Year[url=http://sdjfh.in/flexpen/],[/url] everyone! :)