10/17/2007

MLM

taulah, jaman sekarang, cari duit itu susahnya minta ampun. semua peluang usaha akan dijalani.ntar kalo dah gede juga aku bakal mati2an cari kerja yang okey. tapi kenapa,ya, walaupun (cie, walupun..)aku ga' buta ma kenyataan itu, sampe sekarang aku tetep belum tertarik, em...kasarnya aku "ga' suka" ma yang namanya multi level marketing?
mungkin karena modal buat beli barang yang emang ga' ada. tapi entah kenapa, cara mereka berjanji dan menarik downline2 itu bikin kita ga' nyaman. Ga' bermaksud hiperbol atau sirik ma orang yang pada MLM ni.. but d'problem is I've got the experience.tadi sore kita berkunjung ke rumah salah satu sodara. tujuannya seperti yang kita ketahui bersama adalah untuk silahturhmi. ngobrol2, ramah2, senyum2, eh, tau2 kok kita digiring ngobrol ke arah bisnis2. ternyata, dari uraian panjang dan lebar yang luasnya sama dengan lapang bola itu,diakhir paragraf, aku menjumpai thesis statement yang terdiri dari,,, halah, susah! udah intinya siBapak yang kita kunjungin tuh,ya, nawarin join MLM.
wah, udah,itu bener2 selama 3/4 jam, kita ngederin dia yang bceloteh tentang MLM-nya. tanpa jeda, tanpa interupsi, mungkin sampe ga' napas tu pas ngomong. abis bener2 nyerocoss..
ga' tau kenapa mendadak aku jantungan, begitu dia nembak nanyain kita jadi ikut pa ga'. tanpa ada kompromi, jiwa dan ragaku bener2 ngeset di otak kalo MLM tu ga' jelas juntrungannya dimana.
bener, aku jantungan waktu mereka nerangin semakin jauh ke dalam, bahkan sampe mau ngasih kita buku petunjuk2nya.
bukan apa2 sih, yah, walaupun kedengeran jahat, aku jujur nih, yang ada di pikiranku pas itu "gile, harus beli obat sebotol 250000 tiap bulan.sekarang ga' ngluarin sgitu aja dirumah duitnya ga' lebih2. kalo babeh ketarik ikutan bisa2.... aku kwasiokor, marasmus, kretinisme,cacingan, perut buncit, tulang2 menonjol, busung lapar, hiks2...
wah, dzikir, baca2, ayat kursi, ga' tau mulutku kliatan komat kamiyt pa ga'. emang sih, ktakutanku ini agak hiperbol, orang yang dihadapin juga uwong. tapi, swer, aku rasa ini msalah kekuatan batin, ciee...
setelah perang kekuatan batin lawan giuran dapet duit-segudang-instan, babeh ngluarin kputusan...(aku rasa di otak babeh pikirannya gini,nih...)
"mengingat setiap hari saya harus memberi makan 3orang manusia yang ber-volume makan kapasitas singa, mengingat anak saya 2 belum nikah semua, berhubung singa 1 mau bikin TA, dan singa 2 mau masuk kuliah, mengingat kemarin kita kempot2 waktu mo lebaran, menimbang bahwa sekarang hidup kami sudah sejahtera, menilik bahwa tnpa duit banyak2 juga singa2 di rumah saya tumbuh dengan sehat, saya memutuskan... :ehm, saya pikirin dulu ya,pak, besok2 saya hubungi deh..."(sebenernya yang ada diotak gini nih:saya ga' mau ikut,pak!enak aja 250ribu tu bs buat makan anak saya di kantin 50 kali!emang bapak teh mau beliin obat2ny buat saya?!yah, tetangga saya juga katanya udah dapet kapal pesiar,pak. tapi sampe sekarang kalo ke kantor kok tetep ngebis,ya.. udah bapak aja,deh, saya ga' usah.ntar kalo dapet kapal pesiar saya diundang sukurannya y pak!)
waktu pulang mereka juga ngasih sample product buat kita.hm, maybe someday, when money spreat around me,udah turah2 gitu sampe mabok..for fun (cie, for fun!)i will join it.
uuuhhh,sebenernya hari itu kita hepi. tpi abis acara MLM2 itu...uh... bikin mood jelek aja!

Tidak ada komentar: