8/31/2008

mencoba eksis

Marhaban Ya Ramadhan..
Selama ini kan ririn kalo ngoceh sesuka hati tuh.. kadang ga pake mikir, sering ga control, pasti banyak salahnya, hehe… mohon maap lahir batin,,yaaa.. semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari yang kemaren2.. ;)

Remaja cupu yang mencoba jadi gaul. Hari jumat kemaren, beres kuliah jam 9 pagi aku kluyuran di kampus.. ma tika-sebut saja monyet, begitu lebih baik- menunggu datangnya jam 5 sore yang ternyata lama sekali itu. Udah bulat tekad nih.. pokokya hari ini harus ikut APRESS. Apresiasi seni, Unit kegiatan mahasiswa yang setauku acaranya ngumpulin anak2 buat bikin band. Asik kann??

Iya asikk.. tapi begitu liat orang2 yang ikutan kumpul… bawa gitar, bawa biola.. “lahh,, kita bisa main apa nyet?? “ suutttt… nyali menciut, battery low. Intinya kita ga jadi ikut apr├Ęss. Tapi Inget duit 6000 ekstra yang abis buat beli donat ma jus mangga muda-kecut-sangat ga jelas- selama cengok nunggu tadi, hh.. ga bisa nyet. Ga boleh pulang sia2, Ayo nyet, cari UKM lain yang kumpul hari ini! B’bekal nyegat temen yang lewat di depan perpus, kita tau kalo hari itu ada kumpul UKM.

Unit kesenian Minangkabau.
Waktu itu mikir apa ya?? minang?? Are we?? Kita orang semarang gitu,ckcck… Sampe sana… ooohhh… tu seratus orang ada kali. duduk rapi ngelingker, fokus ma pembawa acara yang –kalo ga salah denger- namanya Uda. Acara pertama, sari tilawah, acara kedua sambutan ketua panitia oleh.. uda ini.. (aku lupa uda sapa). Acara kedua sambutan ketua UKM oleh udaa… itu (lupa juga,hehe). lah, kenapa smua orang padang namanya uda?!:-? Ya ampun, dudulnya. Kenapa baru ngeh, Uda itu kalo di jawa mas, kalo di sunda akang, abang, sama aja.. oh, begitu.
Dan kau tau, namanya juga unit minangkabau, tentu saja bahasa minang dimana2. selama rentetan acara sambutan itu, kita-yang Javanese ini- harus konsen penuh. Udah konsen juga kadang2 masih DC-disconnect :D

Plak,plak,plak, si pembawa acara mukul alat musik -kaya’ kendang kalo di jawa-tujuannya?? Biar orang2 pada diem, fokus.“assalamualaikum wr wb. *DC*. Kito bekumpul di tempat iko, di hari iko, untuk ikut acara penerimaan anggota baru.. *DC* harus ikut semua acara hingga akhirnyo biso menjadi anggota UKM. *DC*. Kita harus pegang teguh adat minang. Tak boleh bicara kotor *DC*. Masalah ijin, absen yang diijinkan, hanya untuk masalah akademik, sakit keras, keluarga, ada orang tua datang. *DC*. ..”

aku ma monyet, Cuma bisa liat2an sambil heboh bikin translet bahasa minang-ke bahasa jawa. Mungkin sadar ada yang kusrek2, si Uda pembawa acara ngerem ndadak. Tiba2… si Uda bilang apa coba?? “ siapa yang ga bisa bahasa minang??”
Yahh, karna udah ketauan.. kita ngacung deh.. settt… liat kanan-liat kiri… ya ampunn… itu 100 orang, asli beneran orang padang smua.. dan yang ngacung?? Cuma 2 orang dong. Kebayang ga sih, muka kita gimana. Nyengir polos penuh dosa, memelas plus.. malu?? So gud! sekarang ada 200 mata ke arah kita!. Dengan tampang maklum si uda ngeaktifin subtitle bahasa indonesianya. Ohh.. 2 orang jawa yang sangat kucel ini sukses bikin acara minang jadi tak terlalu minang… “ohh,,, maafkan kami..”

Selanjutnya, ada tari persembahan .. eh, selama acara itu, kita punya transleter bahasa minang ke Indonesia,wakakakak… *yana, makasih lo..* sebelum tarinya mulai, penonton cowo’ yang duduk nyender tembok disuruh nyingkir buat ngasih tempat ke anak2 cewe’ .kata si yana, minang itu sangat menghargai wanita, -hm,, oke sekali- . komentku buat tarinya adalah : woww. Perpaduan tari ma silat. Masih Kata si yana, kalo di minang, semua cowo’ harus bisa silat. Dan aku tanya ke temen2 cewe’ yang disitu.. wow, rata2 bisa nari. Tari piring ma apaaa gitu aku lupa namanya. Dan sampe sekarang pun, kalo ada acara2, di minang tuh masih pake tari2 gitu. Setiap kumpul UKM aja selalu ada kakak kelas yang nari2 gitu. Hm, gerakannya, kalo yang cowo’ pake mukul2 paha.. plak,..plak.. plak.. plak,plak, kalo yang cewe’ lebih banyak main kaki ma tangan. Ditambah alat music –kaya’ gamelan- yang irama’nya rancak (eh, rancak??) poko’nya meriah banget.. hm, kaki melintir2, ganti posisi dengan speed cepet –kalo aku yang nari pasti udah kejengkang dan selanjutnya keseleo- .hm, was wondered - UKM ini bener2 minang. :D

Abis nonton tari2.. si uda pembawa acara ambil alih lagi. Ohh, ternyata malem itu ada acara penerimaan anggota baru. Kaya’ ospek gitu.. waduuww.. pantesan, ko yang dateng pada rapi2, udah mandi, siap ikut acara sampe malem2. Ya ampuunn… tau ga sih, penampakan 2 orang Javanese ini?? Belom mandi dari pagi, mengkilat dalam arti kusam tak bercahaya, rambut kaya tentakel ubur2, ga pake wangi2 apa gitu.. belom ijin bude. intinya, ga mungkin kita ikut acara malem itu. guess? Akhirnya kita ijin pulang.

Abis solat magrib aku ma monyet duduk di depan perpus. “gimana nyet? UKMnya mo lanjut ga nih??” ko minang banget ya rin?” hm.. ya iya lah, msa unit minang mo pake adat dayak x_x “kirain yang dari luar minang banyak” “he’e ya.. ko Cuma kita.. tapi asik sih, acaranya.. mereka juga welcome banget,”..” sampe ditranslete bahasa Indonesia,hehe.. sungkan ya rin” … diem…
“ntar ikut UKM kita mainnya ma orang2 minang,dong, nyet“ “ hu’uh.. punya suami orang padang gimana ya??”.. “wah,culture shocking pasti” “ntar kalo kita dibawa ke padang gimana ya??” “ trus, mereka matrilinear bukan sih?? Yang ngelamar kita dong,hehe.” “ ntar mudiknya gimana nih?? Semarang- padang kan jauh”… “hm, susah”

Woiii… girls.. what are u thingking ‘bout.. seolah-olah ada seorang minang yang ngajak kawin besok pagi.. begini nih kalo abis kuis kimia, -4 soal, ngerjain 1, dicocokin salah 1- ga tau sapa yang mulai, sapa yang ngelanjutin, ga aku ga monyet.. samaaa… nglantur,wakakak..
Sadar,woi, sadar.. liat penampilan perdana kita tadi, kucel-hitam-kusam ditengah cewe’2 minang yang putih bersinar dan tentu saja cantik. Mereka ga serem aja udah b’sukur tuh,,, ngelamar?? Ngelirik aja ogah kaleee.. wakakaka…

4 komentar:

Rogan mengatakan...

marhaban ya rahmadan juga ririn say

acy mengatakan...

selamat menjalankan ibadah puasa moga2 aza bisa kelar n gak bolong2 :)

aphied mengatakan...

hmmm,,ak tw,,kn ririn punya alasan tertentu masuk UKM minang..
diantaranya adl sbb:
1. si cowo minang uda bikin meleleh
2. uda sekota ma cowo minang
3. mw belajar bikin rendang ma sambel ijo

wakakakaka....
*piss rin...piss*

Slugger mengatakan...

IKut LSS aja ntar bareng gue deh....