8/01/2008

prambanan 2008

ririn mo ngucapin selamat buat temen2 yang ketrima di SNMPTN.. asik2 sekarang kita sama punya skolah baru nih.. yipppiii...

eits, buat momon, thx bantalnya.. buat ma2h, domba, tyas, lita,aya,raras, sherlockholmes'nya oke,hihihi..thx ya..

__________________________________________________________________________________

Hm, vacation terakhir sebelum membuka lembaran baru di bandung (halah, bahasanya..) libur Isra’ Mi’raj sehari kemaren, aku, babeh, mami, dan… yah, my eleder sist melancong ke jogja.Hm, udah berapa taun nih, ga ke jogja. Cuma 4 jam perjalanan dari semarang, tapi ga pernah kesampaian. Takjub juga, di jogja ada art gallery kayak di bali, huehehe… baru tau, maap loh.. :D. ini.. aku mo cerita hasil pemandangan jogja yang terekam di otak.. dari sudut pandang seekor turis tentunya..

Prambanan. Ada yang ga tau? Huh.. payah. Makanya, ke jogja dong.. (loh,loh, ko jadi marah2,wakakaka).

Wahh,,, dari dulu, yang namanya prambanan selalu bisa bikin kagum. Bayangin, 1000 candi dalam 1 komplek yang luasnya kalo kita puterin pake 2 kaki dijamin pulang bengkak2, hehe. Eh,eh, Inget kan, jogja pernah kena gempa? Serentetan ma tsunami aceh tu.. beberapa kali gempa malah.. kalo ga salah, 2 ato 3 taun lalu.. (bener ga sih?) yang jelas udah lewat 1 taun, tapi wuuuu…Itu candi2 parah banget rusaknya! Reliefnya putus2, warna batunya belang2, pucuk2 candi ilang, pintu masuk miring, dan entah berapa ribu blok candi yang sekarang harus diganti pake batu baru. sebagian besar area candi masih tertutup buat umum. Cuma bisa diliat, dipinggir candi ada pager besi, jadi kita ga bisa naik2 kaya’ dulu2.

Di area dalam pagar besi, ada beberapa orang yang kalo ririn ga salah tebak sih, ahli2 yang mo ngebenerin candi. Ada 4 orang yang tampak serius nyusun sketsa2 candi sambil sibuk ngebandingin ma real temple yang sekarang retak2 itu. Dan kau tau? 8 buah kaki yang ada di dalam itu..semuanya punya orang jepang! sbenernya aku tau mereka orang jepang bukan dari kakinya sih.. yahh, kau taulah, kaki terkadang menipu..wkakaka … tapi kedengeran ko, waktu mereka ngomong, aku nguping,huehehe..

Oke, perlu ditegaskan, aku ke jogja kemaren mo liat candi, bukan kaki. ga peduli seputih dan semulus apa pun kaki mereka.. aku tetap cinta kaki Indonesia (lahh,,ko kaki?!) woi,woi, focus. Fieewwhh.. ya gitu deh, candinya bener2 parah. Ngeliat 4 kaki putih nan mulus tadi, aku jadi mikir nih. Antara seneng dankhawatir. Seneng gara2 tau, ga lama lagi, prambanan balik ke bentuk semula karna udah dapet penanganan ahli. lagipula, hadirnya 8 mata oriental yang jauh2 nyebrang laut itu nunjukin, betapa berharganya prambanan di mata dunia.

Tapi yang bikin rada gimanaaaaa gitu.. ini prambanan. Candi yang dari jaman-uyutku-masih-kuat-ikut-aerobik juga udah berdiri tegak di jogja. Sisa peninggalan Indonesia jaman batu yang tentu saja isinya cerita2 tentang nenek moyang kita. Tapi kenapa, di area candi kemaren, di kerumunan orang2 yang tampak ahli itu, ga ada satu pun orang Indonesia!!wah,wah…

Seneng ke prambanan, walopun masih dalam renovasi, tetep terasa mereka welcome ma tamu2 yang bejibun itu.

Hm, puas melototin kaki orang -(lohh,, ya ngga’ lah)- abis capek melototin relief2 yang pasti susah bikinnya itu,kita turun. Di jalan pulang, lewat lapak2 pedagang, iseng2 nguping bule lagi. Lagi2 mata oriental, tapi kali ini, si bule cakep yang kaya’ artis di film2 korea itu bisa bahasa Indonesia. Kedengeran banget, dia berusaha ngomong pake bahasa kita, ngerayu tukang cendramata biar dapet harga termurah. “ha’, berapa ini?” twenty thousand ha, kenapa mahal,ha?kenapa?” ya itu, mas2 yang jual Cuma gelagapan. “5 goceng ha?” lahh,, tau itu berapa? Wakakak.. udah pengen ketawa aja dengernya.. lanjut si penjual bilang.. twenty..twenty.. dan apa kata si bule?

ayo lahh sayang.. aku..ak..ak.. aku.. aku cinta kamu

huakakaka…. Ga tega liat muka si mas2 jual cendramata, Si bule ga tau sih, disini lagi musim jeruk makan jeruk, ga ada cewek, sesama jenis pun jadi. pake dipotong2 lagi, hiiiiiiiiiiiii…

16 komentar:

Benny mengatakan...

wah acik nich yg habis jalan2..
oleh2nya mana?

masenchipz mengatakan...

he..hey... jgn suka melototin pana? ntr di colok ama penghuninya...he..he..wekekek

*kaburrrr*

naznah mengatakan...

mestilah macam daddy dia..kemana lagi kuah kalau tak ke dalam pinggan....bapak borek..anak rintik...huhuhu..tp daddy dia lagi hensem...hehehe
http://www.besuti.blogspot.com/

acy mengatakan...

wah kok gak mampir solo rin, kan bisa mampir ke rumah acy :)
nb:gue ketawa bagian jeruk makan jeruk,ngekek abis :)

aphied mengatakan...

hmmm,,ak jadi binun,,
wingi ngomonge meh ning boyolali,,ko postingane yogya?
wkwkwkwk....

ririn mengatakan...

to benny:
oleh2nyaaa... nih, kulit gosong :D

to masenchipz:
ga papa lah, melototin bgituan.. kan ga lama2,hehe

to naznah:
lahh,,, ini,,ko narsis di blog orang,hehe

to acy:
hehe,, kemaren nginep di solo sih,,tapi yaahh,, gimanaaa,,hehe

to aphied:
yee,, ke boyolali,, bar kuwi,, dolan neng jogja :P

EbleH 182 mengatakan...

Jalan2 kok nggak ngajak2. Jadi pengen ke sana. Udah lama g kesana.

Popular PTC mengatakan...

wadew candi itu lage yah udah bosen ^^ wkwk sering main dulu waktu kecil ke sana

habis gempa kabarnya banyak rusak yah

Billah mengatakan...

whehhhh mana oleh2nya

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Eh rin..Pernah denger mitos tentang prambanan blom?Katanya,kalo ke prambanan jangan bawa pacar..alamat putus tuh..Tp aku gak tahu itu beneran pak gak..Soale belum dianalisa secara ilmiah gitchu..hehe..

edisamsuri mengatakan...

Wah enak dong...jalan-jalan lagi. Yogya I miss you

wisesasekai mengatakan...

Hoo... prambanan rusak berat ya... Makanya... selagi kamu disana, bantuin dong biar cepet selesai :)

BTW suka banget ma kaki ya? Jangan menilai orang dari kakinya... hehe

Fatan mengatakan...

Wah.. ternyata punya kemampuan menebak orang dari kakinya nih.. ga bilang-bilang... aq juga bisa kok menebak PROFESI orang dari kakinya... contohnya kalo betis kakinya besar pasti tukang beca, kalo kecil pasti blogger ....?? ya khan..?

Ngomong-ngomong nanya ga siapa yang dulu iseng nyusun batu gede-gede kaya gitu... apa ga ada kerjaan lain..?? he..he..

d'owner mengatakan...

to ebleh 182:
hiii.. ngapain ngajak2,wakakaka

to popular ptc:
masa sih bosen? :-?

to billah:
disana ga ada yang jual pete sih bill

to andri:
huehehe,,,untung kemaren..kesana ga bawa pacar :D

to Mr Edi:
hihihi,,,asik lo,Mr

to wisesasekai:
waduuww...saya lebih suka liat... makanan.. bukan kaki :D

to fatan:
iye2.. ntar aku buka klinik ramal kaki,,wakakak

Mike.... mengatakan...

lho..lho..lho..ke jogja kagak bilang2..haaha..

kapanpun mengatakan...

aku belom pernah ke jogya lho, waktu itu cuman numpang lewat saja pas ke surabaya. tapi jogya asyik ya! suatu hari nanti daku pasti kesana dan reviewnya lebih dari cerita ririn! camkan itu chantiQ